Web Toolbar by Wibiya

Sabtu, 24 April 2010

Menerapkan MULTIPLE INTELLIGENCES dalam Proses BELAJAR MENGAJAR

Jika dalam tulisan terdahulu kami sudah mengulas tentang apa itu Multiple Intelligence, dan cara mengenalinya dengan Tes Deteksi Bakat (DMI). Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tips tentang bagaimana memanfaatkan Kecerdasan Ganda yang dimiliki oleh putra-putri kita, khususnya untuk membantu mereka mengoptimalkan potensi diri dalam meraih prestasi tertinggi. Karena semua individu itu terlahir unik, dengan kecerdasan ganda masing-masing yang dominan maka tidak bisa diperlakukan sama setiap orangnya. Berikut beberapa tips memanfaatkan kecerdasan ganda yang putra-putri kita miliki:

I. Kecerdasan LINGUISTIK (bahasa)

Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Suka berinteraksi, berdebat; suka mendengar orang lain dan suka bertanya; memiliki kosakata yang baik; suka bermain dengan kata-kata; suka membaca dan menulis; pandai dalam mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal sepele.
Cara kreatif belajarnya dengan :
1. catat “kata-kata kunci”
2. rekam dan dengarkan
3. menulis dg kata-2 sendiri
4. membuat rangkuman
5. ajukan pertanyaan
6. mengajarkannya pada orang lain

II. Kecerdasan VISUAL-SPASIAL
Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Suka menggambar; suka memilah-milah benda; membangun sesuatu; sangat memperhatikan bagian kecil-kecil; sangat ahli dengan mesin; mengingat tempat dengan deskripsi atau gambar; pandai membaca peta dan memiliki orientasi arah yang bagus.
Cara kreatif untuk belajarnya :
1. mind-mapping / peta konsep
2. simbol / gambar
3. gunakan warna
4. membayangkan / imajinasi

III.Kecerdasan INTRAPERSONAL
Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Mampu mengekspresikan kesukaan atau ketidaksukaan yang kuat pada kegiatan tertentu; dapat mengkomunikasikan perasaan; sadar akan kekuatan dan kelemahannya; percaya diri dengan kemampuannya sendiri; kemampuan untuk bekerja menuju ambisi; pandai dalam mengerti dirinya sendiri dan fokus pada perasaan dan impiannya; suka yang orsinil.
Cara kreatif belajarnya dengan :
1. lakukan “personalisasi”
2. buat buku harian
3. kaitkan materi dg kehidupan pribadi
4. menyendiri, merenung, konsentrasi

IV. Kecerdasan INTERPERSONAL
Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Menunjukkan empati pada orang lain; sangat dikagumi teman-temannya; dapat berteman dengan orang sebaya ataupun dewasa; menunjukkan kemampuan memimpin; pandai dalam mengatur, berkomunikasi, dan kadang-kadang memanipulasi orang lain.
Cara Kreatif belajarnya dengan :
1. diskusi
2. debat
3. tukar peran
4. kolaborasi (Coop. Learning)

V. Kecerdasan MUSIKAL
Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Memiliki kepekaan terhadap pola-pola suara; memiliki kemampuan menentukan nada dengan baik, bergerak dengan irama; menangkap inti sebuah ketukan dan menyesuaikan gerakan sesuai perubahan; mudah mengingat nada atau suara, mengingat melodi, memperhatikan ritme dan menjaga waktu.
Cara kreatif untuk belajarnya :
1. membuat jinggle
2. ciptakan syair lagu rap
3. dengarkan musik saat belajar

VI.Kecerdasan LOGIS-MATEMATIS
Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Menyukai matematika atau obyek sains; selalu menyodorkan pertanyaan dan mencari jawabannya sendiri; menyukai kekurangan logika yang ditemukan pada sikap dan cara bicara orang; suka permainan yang memerlukan strategi seperti catur dan teka-teki.

Cara Kreatif belajarnya dengan :
1. lakukan analisa
2. gunakan flowchart (skema/ grafik)
3. buat urut-urutan
4. metode ilmiah
5. bermain dg angka

VII. Kecerdasan KINESTETIK JASMANI
Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Memiliki daya keseimbangan yang baik; memiliki daya irama yang baik; dapat membaca bahasa tubuh; memilk koordinasi mata dan tangan yang baik, menyelesaikan masalah-masalah dengan aksi; pendai dalam kegiatan olahraga dan kerajinan tangan.
Cara Kreatif belajarnya dengan :
1. terjemahkan dalam gerakan
2. bermain peran / role play
3. menyalin, menulis ulang
4. membuat sesuatu
5. melakukan sesuatu

VIII.Kecerdasan NATURALIS
Siswa yang memiliki rating kuat dalam kecerdasan ini memiliki ciri-ciri :
Sangat mencintai dunia luar, hewan, tumbuhan dan semua obyek alami; takjub dengan hal-hal seperti cuaca, dedaunan yang berubah dimusim gugur, suara angin ataupun seekor serangga di kamar; kecenderungan membawa pulang segala jenis hewan yang kesasar dan menyukai peliharaan; memiliki rasa hormat dan mencintai alam dan makhluk hidup.
Cara kreatif belajarnya dengan :
1. belajar di alam terbuka
2. mengaitkan materi belajar dg isu lingkungan hidup
3. memasukkan konteks lingkungan hidup dlm materi yg sedang dipelajari.

Sumber:
Rose, Colin & Malcolm J. Nicholl, Accelerated earning for The 21st Century (Bandung: Penerbit Nuansa,2002) hlm. 161-174
Gunawan, Adi W., Born to be a Genius (Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum, 2003) hlm. 108-133

Sumber :
http://pgboge.wordpress.com/2009/02/27/menerapkan-multiple-intelligences-dalam-proses-belajar-mengajar/

0 komentar:

Posting Komentar